Fish

Jumat, 17 September 2010

Opera Mini 5 Lebih Keren Jika Diinstal Di Komputer (Windows)

Tidak seperti versi sebelumnya, Opera Mini versi 5 yang dipasang di komputer via emulator sedikit ber-evolusi menyesuaikan dengan lingkungan komputer. Tampilan opera mini ala ponsel berubah, menjelma layaknya software yang memang dibuat khusus untuk spesifikasi komputer. Namun sayangnya, adaptasi ini menyebabkan hilangnya dua fitur penting Opera Mini yaitu download dan simpan halaman.
Masih tertarik untuk mencoba? Ayo kita mulai…
Persiapkan alat – alatnya :
1. Unduh JRE (Java Runtime Environment), disana ada dua versi JRE, online dan offline, silakan pilih mana yang disuka. Selain di tautan di atas kita bisa juga mengunduhnya di www.filehippo.com, di kategori Browsers and Plugins (versi offline). Tapi jika JRE sudah terpasang di komputer anda, lewatkan saja bagian ini.
3. Unduh Opera Mini 5. Unduh kedua berkas installernya, operamini.jar dan operamini.jad. Atau bisa juga meng-copy dari installer yang ada di ponsel kita (seperti yang saya lakukan).
Langkah – langkah penerapannya :
1. Pasang JRE (setelah terinstal sebaiknya restart komputer).
2. Ekstrak berkas microemulator-2.0.4.zip ke C: | Program files dan buatkan ikon shortcut MicroEmulator ke desktop agar lebih mudah untuk mengaksesnya. Berkas yang dibuatkan shortcut adalah microemulator.jar.
3. Letakkan berkas mini.jar dan mini.jad di C: | Program Files | microemulator-2.0.4 | apps
4. Jalankan MicroEmulator dengan klik ganda pada berkas microemulator.jar atau lewat shortcut yang sudah kita buat tadi. Tampilan awalnya seperti gambar di bawah ini.
5. Untuk mengubah tampilannya, pergi ke Options > Select device… sorot Resizable device dan tekan Set as default, lalu klik OK.
6. Klik tombol Resize disudut kanan bawah dan ketikkan ukuran yang kita inginkan atau bisa juga dengan menarik/memundurkan kursor pada sisi/sudut jendela.
7. Klik File > Open MIDlet File… dan buka berkas mini.jar yang tadi kita taruh di C: | Program Files | microemulator-2.0.4 | apps.
8. Selanjutnya adalah instalasi, seperti instalasi Opera Mini di ponsel disinipun kita harus terhubung ke internet. Klik Start untuk memulai proses instalasi.
9. Selesai.
Setelah instalasi kita sudah bisa berselancar di internet dengan cepat walaupun hanya sekedar mengandalkan koneksi gprs. Saat berada dilaman web akan muncul kursor bawaan Opera Mini yang bisa digulir dengan tombol panah di keyboard.
Selamat berselancar ria…



Tidak ada komentar:

Posting Komentar